A.URAIAN MATERI
1. Pengertian Sosial Media
Sosial Media adalah sebuah media online,dimana para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi,berbagi dan menciptakan isi meliputi blog,jejaring sosial,wiki,forum, dan dunia virtual.Blog,jejaring sosial termasuk facebook,linkedln dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di dunia.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan sosial media sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0,dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran isi dalam media sosial yang dapat dilakukan oleh pengguna terdaftar(user-generated contet)".
Kebanyakan orang mengapresiasi adanya nilai positif dari media sosial,namun karena peningkatan dalam penggunaan situs media sosial,maka nampak adanya korelasi positif antara penggunaan media lain seperti adanya kasus-kasu,predator seksual melalui online (cyber-bullying),dan penurunan tatap muka dan interaksi langsung.Sosial media dapat mengekspos anak-anak dengan menampilkan gambar alkohol,tembakau,dan perilaku seksual menyimpang.
2.Pemanfaatan Viral Marketing
Viral marketing (Pemasaran Viral), dianggap sebagai iklan virus,atau pemberitahuan spontan (buzz) tentang pemasaran dan istilah yang mengacu pada teknik pemasaran yang menggunakan layanan jejaring sosial yang sudah ada dan teknologi lainnya untuk menghasilkan peningkatan kesadaran atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti penjualan produk) melalui proses virus mereplikasi diri,pemasaran viral dianalogikan dengan penyebaran virus atau virus komputer (melalui internet dan jaringan lokal)terutama dikenal oleh sebagian besar antivirus dikenal sebagai pendeteksi akses halaman web (web phising).Viral marketing berupa klip video,game interaktif Flash,advergames,ebooks,software brandable,gambar,pesan teks,pesan surat elektronik,atau halaman web.
Istilah "VRL marketing" digunakan untuk merujuk kepada pengertian yang merendahkan kampanye pemasaran,seperti penggunaan yang tidak bermoral (stealth astroturfing) secara online dikombinasikan dengan iklan undermarket [memerlukan klarifikasi] di pusat perbelanjaan untuk menciptakan kesan kata-kata spontan secara antusias.
Tujuan utama pemasar adalah menarik perhatian pelanggan dalam menciptakan program viral marketing yang sukses adalah untuk membuayt pesan viral yang menarik bagi individu dengan potensi jaringan sosial potensial (JSP) dan yang memiliki probabilitas tinggi yang disajikan dan disebarkan oleh orang-orang dan pesaing mereka dalam komunikasi dengan orang lain dalam waktu singkat.
Pemasaran Viral dilakukan dengan menyebarkan informasi melalui pemanfaatan database pengguna Internet dengan status 'free' (gratis) yang terdaftar dan digunakkan secara massal.Contoh yang dapat diambil adalah website surat elektronik gratis seperti Yahoo!,Hotmail,dan Gmail,yang selain memberikan pelayanan email gratis,juga memberikan berbagai penawaran produk bersamaan dengan layanan email tersebut.
Pemasaran viral adalah suatu bentuk strategi pemasaran modern yang menjanjikan ketenaran produk yang dipasarkan,dengan melihat tingginya animo masyarakat yang selalu terhubung koneksi internet untuk mengakses.
Untuk melakukan viral marketing dapat berjalan dengan baik dengan mempertimbangkan etika penyampaian atau penggalian informasi,maka perlu dilakukan penyampaian informasi yang sebenarnya kepada xcalon penerima pesan dan dilakukan di lingkungan yang tepat bagi mereka sebagai calon pelanggan.Sebagaimana disampaikanprofessor Andreas Kaplan dan Michael Haenlein,dengan mengenal tiga bagian berikut ;
a) Penyampaian pesan: Ada tiga tipe tertentu dari utusan yang diperlukan untuk memastikan transformasi pesan biasa yang dikenali sebagai sebuah virus: para ahli pasar,hub sosial,dan penjual.Para ahli pasar sebagai individu yang terus-menerus 'melakukan menyampaikan informasi' mengenai (informasi khusus tentang produk yang dipasarkan), mereka biasanya melakukan pengiriman pesan ke berbagai jejaring sosial yang mereka kelola atau mereka sebagai anggota grup dari jejaring sosial tersebut.Hubungan sosial antara orang-orang dengan kelompok hubungan sosial yang sangat besar, mereka sering berhubungan dengan ratusan atau bahkan ribuan orang yang berbeda dan memiliki kemampuan untuk melayani sebagai konektor atau jembatan antara subkultur yang berbeda. Jaringan pemasaran mungkin diperlukan oleh para penerima pesan dari para ahli pasar, memperkuat informasi yang disampaikan dengan membuatnya menjadi lebih relevan dan persuasif, kemudian mengirimkannya ke jejaring sosial untuk distribusikan lebih lanjut. Para pakar pasar mungkin dapat melakukan penyampaian pesan yang sangat tidak meyakinkan dalam pengiriman informasi.
b) Pesan: Hanya pesan yang mudah diingat dan cukup menarik untuk dapat diteruskan kepada orang lain yang memiliki potensi untuk memacu fenomena viral marketing. Membuat pesan lebih berkesan dan menarik atau hanya lebih menyebar, seringkali bukan soal perubahan besar tapi sedikit penyesuaian tentang gaya informasi yang lebih layak untuk dapat disampaikan pada area jejaring social yang lebih dikenali karakteristiknya dengan gaya pesan tertentu.
c) Lingkungan: Lingkungan sangat penting dalam kebangkitan viral marketing yang sukses, perubahan kecil dalam memimpin lingkungan untuk dapat memperoleh hasil yang besar, dan orang-orang yang jauh lebih sensitif terhadap lingkungan. Waktu dan konteks peluncuran kampanye pesan dapat disampaikan dengan benar.
Berbagai media yang sering dilibatkan dan dimanfaatkan oleh Viral marketing, antara lain sebagai berikut;
a) layanan partisipasi pelanggan dan polling;
b) kontribusi organisasi-Industri khusus;
c) mesin pencari internet dan blog;
d) integrasi smartphone Ponsel;
e) beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsung;
f) layanan web target pemasaran;
g) Search engine optimization (SEO);
h) Sosial media optimasi (SMO);
i) televisi dan radio;
Target Pemasaran Viral didasarkan pada tiga prinsip penting antara lain :
a) Berkumpulnya profil dalam media sosial.
b) Kedekatan analisis pasar.
c) Analisis Real-time ketepatan kata kunci.
3. Macam-macam pemasaran melalui media sosial (facebook, linkedin, twitter, pinterst)
Facebook adalah sebuah platform khusus yang populer digunakan untuk hiburan maupun bisnis.Orang menggunakan Facebook sebagai cara menggunakan jejaring sosial untuk bisnis. Memang penting untuk mengetahui bahwa proses pemasaran dengan Facebook hanya dapat berjalan efektif jika strategi yang efektif juga dilaksanakan. Facebook dapat dijadikan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di web. Iklan di jaringan sosial telah menjadi lebih mudah dengan menggunaka Facebook.Facebook sebagai Alat yang luar biasa, dan layak dianggap sebagai platform
terbaik untuk memasarkan bisnis Anda. Anda harus membuat strategi pemasaran Facebook yang terkalkulasi, dieksekusi dengan baik, dan tepat. Rencana pemasaran semacam ini membantu Anda untuk mencapai keberhasilan yang lebih dan lebih untuk bisnis Anda. Secara harfiah Facebook 92 Direktorat Pembinaan SMK (2013) merupakan alat yang luar biasa untuk bisnis Anda.
Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :
1) Gunakan tab customized, ketika Anda membuat halaman bisnis Anda di Facebook, Anda dapat melihat bahwa halaman bisnis dilengkapi dengan sejumlah tab yang dapat disesuaikan. Anda akan menemukan area posting (wall) antara tab di mana Anda dapat menempatkan komentar dan posting. Ada juga tab Info dimana Anda dapat menempatkan informasi umum tentang bisnis Anda. Selain itu Facebook juga memiliki tab selamat datang yang dapat menyertakan link ke segala 94 Direktorat Pembinaan SMK (2013) macam produk serta layanan dan isi dalam jumlah besar. Jadi, Anda dapat menggunakan semua tab ini untuk bisnis Anda.
2) Tujuan dari halaman bisnis: Anda harus selalu memahami persis mengapa Anda membuat halaman bisnis dan tujuan utamanya. Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan pemasaran bisnis Anda. Hal ini sangat berguna karena target pasar Anda akan memiliki reaksi yang sangat positif dalam penggunaan Facebook untuk bisnis Anda.
3) Mengubah urutan tab Facebook: Anda harus mengatur urutan tab Facebook Anda untuk membuatnya logis dalam pandangan para calon pelanggan. Jika Anda memiliki lebih dari satu halaman bisnis, sangat penting untuk memiliki urutan tab Facebook yang berbeda untuk halaman yang berbeda.
4) Konsistensi dalam posting konten: Anda juga harus menjaga konsistensi dalam posting isi halaman bisnis Anda. Jika Anda membuat halaman dan menampilkan tentang hal yang sama maka halaman tersebut tidak akan menghasilkan apa-apa. Anda harus sering login dan memperhatikan tampilan dan fitur-fitur platform, dan penting untuk diperhatikan bahwa Anda perlu berkomitmen mengenai kehadiran Anda di media sosial ini.
5) Tetapkan tujuan yang realistis. Jangan berharap untuk mendapatkan ribuan penggemar dalam bulan pertama Anda, tetapi berpikirlah realistis dengan puluhan atau ratusan dahulu, yang penting mulai dulu dari yang kecil untuk pencapaian yang besar di masa mendatang. Apabila kemudian Anda mendapatkan hasil diluar ekpektasi Anda, syukurilah, Anda berarti sudah berada di jalur yang tepat.
6) Luangkan sedikit waktu Anda : Cobalah untuk menyisihkan waktu Anda, paling tidak satu jam sehari untuk update posting facebook tentang bisnis Anda dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan penggemar.
7) Pelajari sebanyak yang Anda mampu. Ambil catatan berdasarkan pengalaman Anda dengan halaman Facebook dan layanan bisnis lainnya, tulislah pertanyaan tentang hal-hal yang Anda tidak mengerti sehingga Anda dapat membuat catatan untuk dapat Anda lihat jika nanti diperlukan. Anda dapat mencari banyak informasi dengan search engine google, yahoo atau bing atau dapat juga bertanya pada yang sudah paham tentang facebook marketing. 8) Mulailah dengan anggaran kecil: Anda dapat memulai melakukan iklan tes kecil untuk melihat seperti apa hasilnya dengan pengeluaran yang dibayarkan untuk iklannya, efektif atau tidak, dan kemudian Anda dapat meningkatkannya ketika Anda mengetahui mana demografi dan kata- kata kunci yang ingin Anda targetka dan dapat menghasilkan return of investment (ROI) yang bagus.
9) Buatlah halaman Fanpage bukan profil: Jangan membuat profil baru untuk bisnis Anda, karena itu menyalahi aturan, jadi buatlah halaman fanpage untuk bisnis Anda. Setelah Anda buat fanpage, undanglah semua teman-teman Anda agar menjadi fans pertama dari halaman facebook Anda.
10) Update status dengan yang keren-keren: Update-lah status facebook fanpage Anda dengan status keren dan cerdas yang dapat mendorong teman Anda untuk terlibat aktif dengan halaman bisnis Anda. Hal ini akan membuat status facebook Anda banyak yang memberikan respon (like). Sapa Fans Anda: Kirim ucapan terima kasih tepat setelah seseorang mengklik "Like" pada halaman Anda, dan usahakan menanggapi pesan dan postingan di dinding paling lama 24 Jam. Perhatikan baik-baik apa yang dilontarkan atau yang disarankan oleh fans halaman facebook bisnis Anda, dari sana Anda akan mebuat fanspage lebih aktif dan berkembang.
11) Jangan kirim spam: Orang-orang telah cukup banyak menerima spam di email atau Inbox mereka, dan pastinya akan sangat terganggu jika Anda ikut-ikutan mengirimkan pesan langsung ke inbox/email mereka. Jika ada sesuatu yang mau disampaikan, cukup tuliskan di status Anda.
12) Promo kupon diskon: Berikanlah kupon diskon untuk menarik peminat pembeli Anda, agar mereka berminat untuk membelinya / berlangganan di tempat Anda. Lakukan secara berkala agar pelanggan yang sudah ada tetap loyal dengan bisnis Anda.
13) Tawarkan membership: tawarkan membership atau keanggotaan dengan berbagai macam tawaran menarik jika menjadi anggota dan berlangganan di tempat Anda, yang tidak dapat didapatkan kalau hanya membeli putus saja, hal ini akan mempercepat perkembangan bisnis Anda menjadi lebih besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar