1. Konsep Pay per Click
Pay per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet. Cara beriklan biaya per kliksering digunakan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN pada media sosial seperti facebook. Ada beberapa langkah jika
Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu.
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu.
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per
klik(platform PPC) adalah.
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial)
b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata kunci) atau kriteria yang lain.
c. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengiklan dan keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik per tayang (clickthrough rate [CTR]), salinan iklan, kata kunci dan halaman arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian).
klik(platform PPC) adalah.
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial)
b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata kunci) atau kriteria yang lain.
c. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengiklan dan keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik per tayang (clickthrough rate [CTR]), salinan iklan, kata kunci dan halaman arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian).
(ditampilkan berupa teks pada iklan Search, Display dan Social Networks).
Ketika kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi dalam
penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.
a. Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
b. Line 1: maksimum 35 karakter.
c. Baris 2: maksimum 35 karakter.
d. URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
e. Tidak ada tAnda seru berulang.
f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakana.
h. Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu" atau superlatif dapat digunakan kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.
i. Nomor produk dapat digunakan.
Kebanyakan iklan PPC, biasanya tidak terdapat gambar untuk melengkapi teks.Oleh karena itu menulis salinan iklan yang efektif adalah sebuah keterampilan penting untuk iklan PPC. Memasukkan kata kunci pencarian dinamis ke dalam salinan iklan yang muncul atau menggunakan kata kunci dalam salinan iklan. Gunakan kata-kata menarik dan mengajak sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang diharapkan, misalkan: coba sekarang, mendaftar sekarang, beli sekarang. Banyak pengiklan menempatkan tawaran dalam salinan iklan, seperti diskon atau penawaran voucher, jasa seperti pengiriman gratis, belanja aman atau pengiriman cepat.
Untuk iklan PPC di Facebook Anda dapat memanfaatkan teks dan gambar. Iklan PPC Facebook dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke aset di Facebook (sebuah halaman, event, aplikasi atau kelompok), atau dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke eksternal website web.
Sebuah iklan Facebook terdiri dari.
a. Judul (25 karakter maksimum), yang terkait dengan URL tujuan (atau Facebook destination).
b. Gambar (110 x 80 piksel).
c. Badan teks (135 karakter maksimum).
d. konteks sosial, yang memungkinkan pemirsa untuk melihat iklan yang mereka teman-teman telah berinteraksi dengan iklan ini.
Iklan PPC ada juga yang berbentuk banner, dapat statis atau dinamis termasuk rich media dengan link atau URL yang banyak dan video bann
2. Optimasi PPC
Bagaimana Anda tau iklan Anda bekerja dengan baik? Apakah iklan yang Anda buat sudah bekerja optimal? Untuk menjawab hal tersebut ada beberapa faktor dapat Kalian lakukan yaitu.
a. Memilih Kata Kunci yang Tepat
Ketika kalian akan beriklan menggunakan PPC maka mesin pencari
membutuhkan kata kunci sebagai acuan agar iklan dapat ditampilkan. Kalian
harus dapat membuat Daftar kata kunci yang tepat. Sebagai gambaran pada
Google AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut.
1) Luas (Broad)
Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa pun, serta beberapa variasi kata kunci (salah eja dan sinonim).
2) Frase(Phrase)
Pencocokan frase, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frase match") berarti iklan Anda akan muncul hanya untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah pencarian.
3) Sama persis(Exact)
Sama persis, dilambangkan dengan tAnda kurung siku ([sama persis]), berarti iklan tersebut hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama persis dengan kata kunci yang dipilih.
4) Negatif(Negative)
Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tAnda dash di depan kata kunci(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak peduli apa kata-kata lain yang digunakan.
b. Bahasa dan Lokasi Iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan. Misalnya, Kalian hanya ingin iklan untuk pencarian bahasa Inggris di Asia, atau bahasa Inggris pencarian di Indonesia. Maka kalian tidak perlu membayar atas lalu lintas yang tidak diinginkan atau diluar area penargetan iklan.
c. Perilaku dan Demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan Iklan Facebook, iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang(demografi), pengaturan dan perilaku yang dilakukan di Facebook. Kalian dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1) Jenis Kelamin
2) Lokasi
3) Status hubungan
4) Kelompok Umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan.
1) Suka dan kepentingan
2) Interaksi dengan merek/produk
d. Menambah Ekstensi advert
Google khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan. Untuk pengiklan PPC, Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan salinan stAndar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks.
1) Perluasan Lokasi
Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini, akun AdWords dan Bisnis Lokal (www.google.com/local ) perlu dihubungkan.
2) Sitelinks Iklan
Sitelinks Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link, masingmasing link dengan tujuan URL yang berbeda. Untuk Link teks stAndar dibatasi hingga 35 karakter. Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.
3) Ekstensi Telepon
Perpanjangan telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor telepon lokal di garis bawah iklan yang teks stAndar.
4) Ekstensi produk
Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center dan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.
5) Penjual Ratings Ekstensi
Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan untuk meninjau web untuk menampilkan peringkat dari informasi bersama-sama dengan iklan teks. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki peringkat yang sangat baik!
e. Penawaran dan Peringkat
Seorang pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap iklan yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(Cost per Click) maksimum, atau CPC Maks, Setiap kali permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencari menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang ini dikenal sebagai Generalised Second Price (GSP), yang merupakan variasi pada lelang Vickrey. Lelang Vickrey adalah suatu
jenis lelang dimana para pena war tidak saling mengetahui berapa besar jumlah yang ditawarkan.
f. Konversi dan Harga Klik-Tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan mana yang akan tampil melihat faktor faktor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan, jika tidak maka pencari informasi akan cenderung kurang atau tidak sama sekali mengklik iklan yang ditawarkan. Jika tidak ada iklan yang diklik berarti tidak ada pendapatan. Iklan dengan peringkat teratas biasanya memiliki rasio klik per tayang tertinggi (RKT) dan pengiklan mendapatkan hasil klik maksimal.
g. Website Tujuan
Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan. Halaman yang pengguna internet tuju dengan mengklik sebuah iklan disebut halaman arahan. Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan. Karena buruk dalam tampilan dan target yang tidak jelas. Kampanye PPC akan mengirim semua pengguna ke halaman depan web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat di halaman yang relevan dengan apa yang konsumen inginkan.
h. Pelacakan
Bagaimana Anda mengetahui konsumen mengakses/mengklik iklan yang ditayangkan?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda perlu menggunakan pelacakan konversi yang tepat. Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dari website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan, pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker.com.
3. Menyiapkan Kampanye PPC
a)Perencanaan
Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offline dari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan, pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how) misalkan.
1) Apa yang akan Anda jual.
2) Merek apa yang harus Anda gunakan.
3) Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana mereka beriklan.
4) Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang kita tawarkan
5) Apakah tujuan website yang Anda buat? Menjual produk lebih banyak?Mendidik konsumen akan produk?meningkatkan kesadaran akan merek? membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter?.
b) Anggaran
Tentukan seberapa banyak Anda bersedia menghabiskan anggaran untuk mencapai tujuan Anda(biaya per action). Putuskan berapa banyak anggaran Anda untuk kampanye PPC atau beriklan/berpromosi.
Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapat dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
a) Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas
b) Pengaturan waktu.
c) Pengaturan lokasi.
d) Kata Kunci
Anda perlu menentukan kata kunci apa yang konsumen cenderung gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu , Anda perlu tahu :
(1). Kesalahan ejaan yang umum dan biasa terjadi saat pelanggan memasukan kata kunci
(2). Kata-kata apa yang akan menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin untuk membeli produk dari Anda (misalkan kata seperti gratis).
(3). Maanfaatkan tool untuk analisis kata kunci.
c) Memilih Platform PPC
Ada beberapa teori bahwa platform PPC yang berbeda lebih baik untuk industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahoo! memberikan tarif yang lebih murah dari Google untuk iklan travel.
d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan
Iklan yang Anda buat harus di uji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan iklan Anda mulai tayang, Iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.
4. Konsep Adwords
Salah satu mesin pencari terbaik saat ini adalah Google, Dengan mesin pencari Google Anda dapat mencari informasi apa saja yang kalian butuhkan dan menampilkan list hasil pencarian disertai dengan iklan yang ditawarkan sesuai kata kunci pencarian.
a) Keuntungan beriklan dengan Google AdWords
Beberapa hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan lainnya yaitu:
1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka menelusuri apa yang Anda tawarkan
(a) Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang telah menelusuri jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan.
(b) Kalian dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website web tertentu dan area geografis (negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW).
(c) AdWords menjangkau 80% pengguna Internet di AS. Itu merupakan pangsa pasar yang besar.
2) Kontrol anggaran
(a) Dengan penawaran biaya per klik, Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan, bukan saat iklan ditampilkan.
(b) Anda memutuskan jumlah (banyak atau sedikit) yang ingin dibelanjakan setiap bulannya dan Anda tidak akan ditagih melebihi jumlah itu.
(c) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.
3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan
(a) Lihat laporan mengenai kinerja iklan Anda, lihat berapa banyak pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal mereka, dan detail lainnya.
(b) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda, serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda.
(c) Mudah untuk memulai, mudah juga untuk menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan.
b) Cara kerja AdWords
Untuk memahami cara kerja AdWords, Ada beberapa elemen dasar yang harus dipahami yaitu.
a) Kata Kunci
Kata kunci adalah kata atau frasa yang Anda pilih yang dapat memicu iklan Anda agar tampil di penelusuran dan website lainnya. Misalnya, jika Anda menawarkan pengiriman roti buaya, Anda dapat menggunakan "pengiriman roti buaya" sebagai kata kunci di kampanye AdWords. Saat seseorang menelusuri Google dengan menggunakan frasa "pengiriman roti buaya" atau istilah yang serupa, iklan Anda dapat muncul di samping hasil penelusuran Google. Iklan Anda juga dapat muncul di website web lainnya dalam Jaringan Google yang berkaitan dengan pengiriman roti buaya.
b) Memilih kata kunci untuk kampanye Display Network
Berikut ini tiga hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk kampanye Display Network.
(a) Buat grup iklan
Sebelum Anda mulai memilih kata kunci untuk kampanye Display Network,pastikan bahwa grup iklan untuk setiap kampanye diatur menurut produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sangat baik untuk memulai dengan kata kunci yang menggambarkan produk atau layanan yang Anda iklankan. Lalu, Anda dapat membuat iklan yang berkaitan dengan kata kunci tersebut, yang dapat Google tampilkan kepada pelanggan saat mereka berada di website web yang terkait dengan produk atau layanan Anda. Anda dapat membuat akun Anda tertata dengan lebih baik dengan mengelompokkan kata kunci menurut produk atau layanan Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar